Makanan Sehat Untuk Para Penderita Hidrosefalus

Makanan Sehat Untuk Para Penderita Hidrosefalus

Makanan Sehat Untuk Para Penderita Hidrosefalus – Tahukah Anda ? Seberapa buruk kondisi yang ditimbulkan dari penyakit hidrosefalus ? Penyakit hidrosefalus umumnya menyerang pada bayi, anak-anak dan bahkan dewasa sampai manula.

Penyakit ini menyebabkan kondisi kepala yang membesar serta kondisi tubuh yang mengecil yang mengakibatkan tidak adanya tenaga untuk mengangkat kepala.

Menurut data statistik dari kementerian kesehatan Indonesia di tahun 2013, jumlah penderita hidrosefalus bawaan (kongenital) sebanyak 14.216 – 18.955 (Kementerian Kesehatan RI).

Dari jumlah tersebut, sebagian besar penderita adalah mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu, sehingga tidak sedikit pula dari mereka memeriksakan anaknya ke dokter pada saat terlambat.

Keterbatasan ekonomi yang membuat kondisi penderita penyakit hidrosefalus terlambat untuk memeriksakan ke dokter. Hal itu yang menjadi masalah utama keluarga penderita hidrosefalus, bahkan untuk berobat untuk makan pun sulit. Namun disini kami akan memberikan solusi alternatif dalam membantu para penderita hidrosefalus untuk mendapatkan nutrisi yang baik supaya terhindar dari kondisi yang dapat memburuk.

Makanan Sehat Untuk Para Penderita Hidrosefalus

√ Vitamin folat B12 sangat penting untuk perlindungan sistem saraf serta membantu mencegah kerusakan. Vitamin ini terdapat pada makanan termasuk daging, telur, susu dan lainnya.

√ Makanan yang mengandung asam folat diantaranya, bayam, asparagus, brokoli, melon, alpukat, kubis atau kol, dan tauge. Asam folat ini sangat penting untuk berfungsinya sistem saraf agar terhindar dari penyakit hidrosefalus.

√ Teh hijau dan rempah-rempah. Makanan ini sangat membantu dalam mengurangi peradangan dalam tubuh atau bersifat anti-inflamasi.

√ Vitamin C adalah makanan dengan sifat antioksidan yang tinggi, sangat berperan sebagai anti inflamasi yang kuat, hal ini tentunya dianjurkan untuk menjaga tubuh dengan sistem kekebalan tubuh, mengeluarkan racun dan membantu mengurangi peradangan. Vitamin C dapat ditemukan dalam makanan seperti buah jeruk, brokoli, rumput laut, jambu biji, dll.

√ Asam oleat yaitu kandungan yang berasal dari minyak zaitun merupakan sumber yang kaya asam, serta omega-6.

√ Omega-3 merupakan kandungan makanan yang terdapat pada ikan laut. Ikan laut mengandung jumlah yang baik dari omega 3 asam lemak, yang sangat berperan dalam fungsi otak meningkatkan transmisi impuls saraf, ditambah mereka membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

√ Vitamin A dan D terdapat dalam makanan sayuran oranye seperti pepaya, jeruk, wortel, dll. Minyak ikan cod juga merupakan sumber yang baik dari vitamin A, D, dan asam lemak esensial. Vitamin D telah menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengurangi risiko demielinasi dan multiple sclerosis signifikan.

Kenapa makanan menjadi sangat penting bagi penderita Hidrosefalus?

Karena melalui makanan, kita dapat memelihara dan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun, lemak dan bahan kimia yang berbahaya. Jadi sangat penting untuk mengetahui makanan sehat apa saja yang harus dikonsumsi bagi penderita hidrosefalus.

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Post by Obat Herbal Hidrosefalus Bayi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *