Hubungan Spina Bifida Dengan Hidrosefalus

Hubungan Spina Bifida Dengan Hidrosefalus

Hubungan Spina Bifida Dengan Hidrosefalus –┬áHidrosefalus dan Spina Bifida merupakan dua jenis kelainan saraf yang sering terjadi pada bayi. Kelainan ini sebenarnya sudah bisa diketahui sejak janin atau masih didalam kandungan, melalui USG 4 dimensi atau MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Diluar negeri, jika janin ditemukan dengan kondisi mengalami kelainan saraf seperti diatas, maka mereka bisa saja melakukan tindakan aborsi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti bayi akan menjadi beban bagi orangtuanya dikemudian hari, namun tidak demikian dengan di Indonesia yang masih memegang teguh budaya dan agama.

Apa itu hidrosefalus ?

Hidrosefalus adalah kelainan berupa pembesaran kepala akibat penumpukan cairan di otak. Umumnya otak menghasilkan air sebanyak setengah liter setiap harinya yang kemudian diserap kembali oleh tubuh. Namun bagi penderita hidrosefalus, cairan tersebut tidak dapat diserap dengan baik sehingga terjadi penumpukan cairan di otak yang kemudian mendesak otak sehingga terjadilah pembesaran kepala.

Apa itu Spina Bifida ?

Spina Bifida terjadi karena pembentukan tulang yang tidak sempurna sehingga ada susunan saraf disumsum tulang belakang yang menonjol. Hal ini terjadi karena penutupan tabung saraf yang tidak sempurna pada hari ke 22 masa kehamilan, akibatnya luka terbuka pada didaerah punggung.

Bagaimana hubungan antara spina bifida dengan hidrosefalus ?

Anak-anak dengan Spina Bifida cenderung mengembangkan Hydrocephalus

Anak-anak dengan Spina Bifida cenderung mengembangkan Hydrocephalus. Spina Bifida adalah kondisi di mana tulang dan saraf tulang belakang tidak berkembang sepenuhnya saat bayi belum lahir berada di dalam rahim. Kebanyakan anak tidak memiliki gejala apapun dari Spina Bifida. Namun beberapa anak mungkin mengalami kesulitan mengendalikan kandung kemih dan usus.

Mengapa anak-anak dengan Spina Bifida cenderung mengembangkan Hydrocephalus?

Anak-anak dengan Spina Bifida sering memiliki bagian otak yang sedikit lebih besar dari biasanya. Hal ini ditemukan di dekat bagian belakang otak dan disebut serebelum. Hal ini didiagnosis dengan melihat gambar pemindai kepala. Temuan ini disebut Chiari atau Arnold Chiari Malformation, setelah para dokter yang pertama kali melaporkannya.

Pada anak-anak dengan Spina Bifida, serebelum besar bisa menekan dan meremas bagian otak dekat. Hal ini dapat menyebabkan anak anak berhenti bekerja. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti sakit kepala, leher kaku, kesulitan menelan dan kelemahan lengan dan tungkai. Ada juga ventrikel penting di dekat otak kecil. Mungkin juga dapat diperas. Ini akan menghentikan aliran CSF dan menyebabkan tekanan yang meningkat di kepala. Inilah sebabnya mengapa anak-anak dengan Spina Bifida cenderung mengembangkan Hydrocephalus.

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Post by Obat Herbal Hidrosefalus Bayi

Hubungan Spina Bifida Dengan Hidrosefalus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *