Asupan Gizi Makanan Untuk Bayi Dan Balita

Asupan Gizi Makanan Untuk Bayi Dan Balita

 

Asupan Gizi Makanan Untuk Bayi Dan Balita – Makanan yang bisa dikonsumsi pada bayi pastinya harus makanan yang tepat. Perlu Anda katahui bahwa usia bayi sangat menentukan jenis makanan yang bisa dikonsumsi bayi tersebut. Selain itu tergantung pada perkembangan fisiologisnya yang bersinergi dengan bisa tidaknya bayi mengunyah dan mencerna makanan. Perubahan cara makan dari yang awalnya mengkonsumsi ASI pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi bagi Anda sebagai orang tua sebaiknya memperhatikan makanan apa yang harus diberikan pada bayi.

Berikut asupan gizi makanan untuk bayi berdasarkan dari usia bayi :

1. Usia bayi 0 – 6 bulan.

Bayi yang berusia dibawah 6 bulan sebaiknya bayi diberikan ASI ekslusif. Karena dengan usia dibawah 6 bulan bayi masih mengikuti arah jari Anda apabila Anda letakkan jari pada pipinya. Nah untuk mengetahui proses gerakan bayi, berikut ini bisa Anda simak:

  • Refleks booting.
  • Reflex saat membuka mulut.
  • Refleks menghisap dan menelan.
  • Kemudian lidah mendorong cairan.

2. Usia Bayi 6 – 9 bulan

Usia bayi yang sudah mencapai 6-9 bulan sudah mengalami pertumbuhan gigi, rahang yang sudah tidak menyatu antara lidah mulut. Usia bayi tersebut bisa diberikan makanan pendamping ASI (MP ASI) juga makanan padat. Bayi akan membuka mulutnya ketika anda mencoba menyuapkan makanan dengan sendok.

Bayi yang sudah berusia 6 sampai 9 bulan sudah bisa diberikan makanan yang beraneka ragam sehingga bayi terbiasa dengan makanan lain. Tahap pertama Anda bisa memberikan bubur susu, dan jika sudah sebulan mengkonsumsi bubur susu, selanjutnya Anda bisa memberikan bubur.

3. Usia Bayi 9 – 12 bulan

Usia bayi yang sudah mencapai 9 sampai 12 bulan biasanya sudah mampu memainkan lidah untuk digerakkan dari arah kiri ke kanan. Selain itu bayi juga sudah bisa menggigit, mengunyah sejenis makanan lunak dan memiliki tenaga cukup kuat untuk memegang sejenis makanannya sendiri. Tapi jangan memberikan makanan cukup keras atau besar untuk menghindari bayi tersedak ketika memakannya.

Selain itu, disarankan untuk melatih bayi makan sendiri dengan memberikannya makanan misalnya buah dengan potongan kecil-kecil, keju, roti dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengajarkan bayi untuk minum sendiri dengan gelas plastik. Diusia bayi seperti ini sudah bisa mengkonsumsi nasi tim tanpa saringan untuk membiasakan ususnya dan merangsang untuk tumbuh sempurna.

Untuk hasil yang optimal dalam asupan gizi yang diberikan kepada sang buah hati ada baiknya jika Anda sebagai orang tua mengontrol tubuh kembang buah hati Anda supaya mendapatkan asupan gizi yang sehat.

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Post by Obat Herbal Hidrosefalus Bayi

Asupan Gizi Makanan Untuk Bayi Dan Balita

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *